Rabu, 11 November 2009

Re: [beasiswa] Re: [butuh info] Ingin dapat PhD dengan tempo yang sesingkat-singkatnya



Hi,

Program PhD itu berbeda-beda tergantung Universitas dan tempat (negara). Setahu saya dalam bidang sains, program PhD di singapur menawarkan waktu 4 tahun, Jerman bisa selesai dalam 3 tahun, sedangkan di daerah North America yang saya tahu kebanyakan akan lulus dalam 5-6 tahun. Jadi semua itu tidak ada yang pasti. Karena PhD juga merupakan research, biasanya itu tergantung dari research tersebut dan kebijakan dari universitas mengizinkan lulus lebih cepat atau lebih lama dari waktu yang diproyeksikan.

Kalau tiga tahun, ada yang bilang biasanya datanya kurang kuat. Jadi biasanya 4 tahun itu proyek akan lebih "mantap".

Kalau mau langsung PhD dari Bachelor setahu saya memang bisa, tapi Universitas yang bagus akan minta nilai kelulusan yang bagus dari S1 tersebut misal Honors atau Cum laude seperti yang dijelaskan oleh Iwan. Kalau memang nilainya kurang/tidak sampai cum laude, ada dua jalan. Pertama cari universitas yang persyaratan masuknya lebih longgar (biasanya uni bagus lebih ketat). Yang kedua ambil master degree dulu.

Semoga membantu.


From: Iwan Adhicandra <iwan@beasiswa.org>
To: beasiswa@yahoogroups.com
Sent: Wed, November 11, 2009 4:50:03 PM
Subject: [beasiswa] Re: [butuh info] Ingin dapat PhD dengan tempo yang sesingkat-singkatnya

 

Hallo

Sepengetahuan saya hampir di semua negara, program PhD itu umumnya 3 tahun atau 36 bulan. Sayangnya sebagian besar PhD student selesai lebih dari 3 tahun.
Mengenai persyaratan boleh diterima tanpa gelar master atau tidak juga bervariasi di setiap negara and bervariasi di setiap institusi di suatu negara.
Untuk negara yang memiliki program bachelor 3 tahun, biasanya lulusannya bisa langsung diterima di program PhD jika nilai kelulusannya distinction (eg, UK, Australia).
Untuk negara2 lain yang memiliki program bachelor nya 4 atau 5 tahun (eg, Indonesia, USA, European countries) biasanya lulusannya juga bisa diterima di program PhD di negara yang hanya memiliki program bachelor 3 tahun tsb (eg. UK, Australia). Mereka menilai lulusan 4 dan 5 tahun di program bachelor tersebut equivalent dengan program 3+1 atau 3+2 (bachelor+master or integrated bachelor-master) di negara2 tersebut.

Info lengkap tentang requirements bisa dilihat di wiki http://en.wikipedia.org/wiki/Doctor_of_Philosophy

Iwan

--- In beasiswa@yahoogroup s.com, "frank_the_hero" <frank_nasch@ ...> wrote:
>
> Halo kawan-kawan Laskar Beasiswa,
>
> Franklin ada junior yang baru lulus Bachelor tahun ini. Dia tanya ke Franklin, negara mana yang menawarkan program studi PhD dalam tempo yang sesingkat-singkatny a. Kalau bisa, langsung dapat PhD dalam 3 tahun saja. Alasannya dia tidak mau lama-lama belajar. Maunya dapat gelar secepat mungkin supaya bisa langsung kerja setelah kuliah.
>
> Aneh, setahu Franklin gelar PhD tidak bisa didapat dalam durasi 3 tahun saja... atau bisa jadi memang saya yang kurang tahu sistem pendidikan tinggi di seluruh dunia.
>
> Agar adil, mungkin kawan-kawan Beasiswa bisa berbagi pengalaman waktu yang dibutuhkan untuk lulusan Bachelor bisa dapat gelar PhD dari berbagai negara di seluruh dunia (termasuk waktu yang dibutuhkan bagi sarjana S-1 untuk dapat gelar S-3 jika tetap kuliah PhD (S-3) di Indonesia).
>
> Misalnya:
> Indonesia, Amerika, Jerman, Jepang, Korea, RRC, Taiwan, Australia, Singapura, Kanada, Inggris, Prancis, Denmark, Swedia, dll....
>
> Apakah lulusan S-1 Indonesia wajib mengambil jenjang Master / S-2 dulu sebelum kuliah PhD / S-3? Jika iya, negara mana saja yang mengharuskan demikian, atau negara mana saja yang memperbolehkan sarjana Bachelor boleh langsung lanjut PhD tanpa perlu ambil Master terlebih dahulu?
>
>
> Maju, Laskar Beasiswa!!
> Franklin
>
> PS: Sebagai tambahan, junior saya ingin kuliah PhD Fisika. Pengetahuan fisikanya biasa-biasa saja. Tidak pintar sekali, tapi juga tidak payah sekali. Saya pribadi berpendapat untuk dapat PhD in Physics dalam 3 tahun bagi seorang sarjana Bachelor fisika termasuk kelewat ambisius.
>




__._,_.___


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

0 comments:

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com. | manhattan lasik | websites for accountants