web counter Re: [beasiswa] Re: [BUTUH INFO] bagaimana menghidupi keluarga jika sedang kuliah? - Beasiswa

Header Ads

PKK

Re: [beasiswa] Re: [BUTUH INFO] bagaimana menghidupi keluarga jika sedang kuliah?

CHAT DI WHATSAPP KLIK DISINI

1taiwanBANNER

Jika anda yang sedang mencari informasi Re: [beasiswa] Re: [BUTUH INFO] bagaimana menghidupi keluarga jika sedang kuliah?, maka Beasiswa akan menyampaikan tentang Re: [beasiswa] Re: [BUTUH INFO] bagaimana menghidupi keluarga jika sedang kuliah? seperti dibawah ini:

Re: [beasiswa] Re: [BUTUH INFO] bagaimana menghidupi keluarga jika sedang kuliah?



Salam,...
Wah ternyata banyak juga nih temen2 yg bekeluarga dan kuliah di LN....
Saya sendiri..juga punye pengalaman yg sama...
Saya dpt beasiswa VLIR utk program 2 th...
Tahun pertama saya datang ke Belgia sendiri..dan pada saat itu istri masih bekerja yang alhamdulilah bisa ada tambahan sedikti utk menghidupi 2 anak kami...
Selama 1 th pertama yg saya lakukan adalah pertama adalah membayar biaya2 dalam proses kesini: spt visa, leglisir, dll krn saya dari kantor tidak ada bantuan sepeserpun utk hal itu..
yang kedua adalah menabung untuk memberangkatkan keluarga kami.(Istri dan 2 org anak)., tiket pengurusan pasport visa dll ...yang cukup mahal...
yg ketiga adalah persiapan akomodasi,...di belgia utk akomodasi utk klg cukup susah ....dan agak mahal....terlebih utk klg besar mereka biasanya require tempat yg lebih besar juga....(utk kasus saya rumah saja sekitar 60% dr beasiswa, belum termasuk utk asuransi dsb)
Alhamdulilllah tahun ke 2 saya bisa memboyong klg saya kesini....diawal2 cukup sulit krn pertama rumah yg kami sewa tdk furnish so musti beli perabot sana sini...

Karena beasiswa master cukup kecil di waktu summer utk tambahan saya bekerja sebagi pemetik buat bbrp hari....
Krn kuliah sangat padat kita disini tdk punya kesempatan utk kerja paruh waktu selain di waktu summer tsb..
Selain itu kita juga irit2 dalam pengeluaran.....dan juga  alhamdulilah ada adik kelas yg stay/"kost" dirumah kami sehingga uang kost nya bisa utk kebutuhan sehari2 tercukupi....


O iya..saat akhir2 thn ke 2 kami bingung akan biaya pulang... krn hampir tidak bisa menabung ....Alhamdulillah saya dpt PhD disini yg bisa membuat kami masih bertahan disini...

Intinya MAs Topan, sebelum pergi ke LN dgn keluarga kalau bisa tolong di cek bener2 ttg living cost utk klg dsb...krn kalo nekat spt saya bisa ada masalah spt beasiswa yg tidak mencukupi dsb......
Sukses yah..
Tio
Hasselt Belgium,







From: zduper <zduper@yahoo.com>
To: beasiswa@yahoogroups.com
Sent: Mon, November 9, 2009 9:12:18 PM
Subject: [beasiswa] Re: [BUTUH INFO] bagaimana menghidupi keluarga jika sedang kuliah?

 

Halo Mas Topan,

Saat ini saya dan keluarga (1 istri dan 1 anak batita),tinggal di sebuah negara di eropa, dengan beasiswa.

Mengenai latar belakang, sebelum akhirnya memperoleh beasiswa ini, saya adalah juga pekerja swasta yang sudah bekerja selama 8 tahun. Dan sayapun harus mengundurkan diri, demi impian sekolah gratis di luar negeri.

Beasiswa yang saya dapat adalah full scholarship. Artinya, seperti kebanyakan beasiswa yang lain, meng-cover beaya kuliah, tiket pp, arrival allowance, thesis allowance dan uang bulanan.

Besaran uang bulanan ini sudah didesain sedemikian rupa sehingga cukup untuk hidup layak bagi si penerima beasiswa saja (single).

Namun, dengan semangat yang kurang lebih sama dengan Bang Erwin Harahap dibawah ini, saya "ngotot" untuk membawa serta keluarga saya.

Sampai saat ini, saya tidak punya penghasilan lain di luar uang bulanan beasiswa. Karena keterbatasan waktu dan beban kuliah yang cukup padat, sayapun belum sempat untuk bekerja paruh waktu.

Dengan kondisi seperti ini, saya dan keluarga harus berhitung dengan sangat teliti dan irit, supaya uang beasiswa tetap cukup, tentu dengan tidak mengorbankan gizi bagi anak saya yang sedang butuh banyak susu dan makanan bergizi.. Dan, sejauh ini, ternyata cukup lho! :))

Bagi saya, saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan hidup di negara lain, buat saya dan juga buat istri dan anak saya.

Saya bisa kuliah gratis, istri saya bisa belajar berinteraksi dengan sahabat2 baru dari berbagai negara, dan anak saya, bisa memanfaatkan berbagai fasilitas bermain dan belajar yang begitu melimpah.

Demikian sekedar berbagi pengalaman kecil dari saya,

Salam,

Indra

--- In beasiswa@yahoogroup s.com, Erwin Harahap <erwin2h@... > wrote:
>
>
> Insya Allah jika kita yakin, akan selalu ada jalan.
> Prinsip saya, keluarga adalah tanggung jawab saya,
> karena itu apa pun resikonya, sy akan bawa keluarga sy kemana pun saya pergi,
>
> Salam,
>




__._,_.___


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.