Rabu, 21 Oktober 2009

[beasiswa] Re: [BUTUH INFO] Sealed Original Transcript

Terimakasih banyak atas infonya Mbak Putri. Terimakasih juga kepada teman2 yg telah membantu memberikan infonya.

Sedikit bercerita tentang pengalaman saya hari ini. Awalnya saya menelpon ke TU departemen saya, dan mereka menolak memberikan transkrip asli. Mereka bilang transkrip asli hanya boleh dicetak satu kali saja. Akhirnya saya coba menelpon ke pihak FTI, petugas yg berwenang dlm hal pengurusan transkrip. Beliau meminta saya mengirim email lsg ke dekan FTI ITB. Ternyata Bapak dekan FTI langsung menyetujui permohonan saya utk mencetak transkrip asli sebanyak 30 lembar. Untuk tiap lembarnya dikenakan biaya 5000 rupiah.

Saya sangat menghargai sekali kebijakan dekan dan petugas FTI yg telah memperlancar proses aplikasi saya. Walaupun saya tidak menemui mereka secara langsung karena saya tidak sedang berada di Indonesia, hanya berhubungan via email dan telepon, namun mereka mengabulkan permohonan saya.

Jadi bagi teman2 yg kebetulan kuliah di ITB dan ingin apply ke universitas luar yg meminta transkrip asli, jangan ragu2 untuk memintanya ke fakultas yg bersangkutan. Mereka akan langsung mencetaknya, hanya membutuhkan waktu 1 minggu.

bagi teman2 yg kuliah d universitas lain, mgk jg bisa mencoba menghubungi dekan fakultas yg bersangkutan kalau memang membutuhkan transkrip asli.

Sekian dulu dari saya, terimakasih atas bantuan rekan2 semua.

regards,

Maya

--- In beasiswa@yahoogroups.com, putri dwimirnani <dwimirnani@...> wrote:
>
> Mbak Maya,
> di ITB sekarang bisa minta transkrip asli kok. Saya pernah salah kirim transkrip asli waktu melamar kerja. Akhirnya saya minta transkrip baru ke TU departemen. Memang perlu bayar per lembar 20rb sih. Tapi itu tergantung kebijakan tiap departemen, bisa tanya ke TU-nya. Semoga infonya cukup berguna.
>
> Putri
>
>
>
>
> ________________________________
> Da: Haryo <sumowidagdo@...>
> A: beasiswa@yahoogroups.com
> Inviato: Mer 21 ottobre 2009, 0:27:55
> Oggetto: [beasiswa] Re: [BUTUH INFO] Sealed Original Transcript
>
>
>
> Dear Maya,
>
> Kultur/budaya administrasi di Indonesia memang berbeda dengan di US. Di US memang kantor administrasi fakultas/universita s (Registrar bahasa sononya) mau mengeluarkan/ mengeprint transkrip asli dan menaruhnya dalam amplop tersegel. Jadi tidak ada istilah transkrip legalisir di sono ! Bagi mereka karena proses pencetakan transkrip ini sudah terotomatisasi dengan komputer dll maka tidak ada banyak masalah. Demikian pula program pascasarjana di US pada umumnya hanya mau menerima transkrip yang dicetak dan disegel semaca itu.
>
> Di Indonesia memang tidak ada kultur/budaya administrasi semacam itu (at least dulu ketika saya minta legalisir dari UI). Solusi saya dulu ketika melamar ke US adalah:
>
> Saya tetap menfotokopi transkrip dan meminta legalisir (dalam bahasa Inggris tentunya). Namun ketika saya mengambil transkrip dari kantor administrasi, saya membawa amplop sendiri. Transkrip yang sudah dilegalisir saya masukkan ke dalam amplop, amplop saya tempel sampulnya, dan kemudian saya meminta petugas untuk mengstempel amplop di bagian sampul amplop (perbatasan yang biasa kita menaruh lem).
> Petugas administrasi emang ngomel-ngomel karena saya minta stempel lagi, banyak lagi :) tapi tokh dilakonin juga.
>
> Tips: pastikan anda bisa membedakan amplop mana yang diisi transkrip bahasa Indonesia, mana yang bahasa Inggris. Masalahanya begitu disegel dan distempel, kan tidak bisa dibuka lagi. Saya dulu membuat 20 kopi bhs Indonesia dan 20 kopi bahasa Inggris.
>
> Sebenarnya dengan segala macam komputerisasi administrasi di kampus-kampus di Indonesia, sudah saatnya universitas- universitas di Indonesia mempertimbangkan kemudahan proses pencetakan transkrip. Ini, percaya atau tidak, menurut saya *menghambat* kesempatan lulusan siswa di Indonesia untuk bersaing dari segi administrasi. Untuk PT yang besar seperti UI atau ITB harusnya ini menjadi salah satu prioritas.
>
> Haryo
>
> --- In beasiswa@yahoogroup s.com, Noey mufti <noey_wee@ .> wrote:
> >
> > Hi mbak Maya,
> > Yang di maksud dengan sealed original transcript adalah transcript asil dari universitas yang di masukkan dalam amplop logo unversitas dan disegel by tandatangan pihak universitas. Sealed original transcript tersebut di kirim langsung dari universitas asal ke universitas tujuan jika di minta oleh kita. Dan bisa diminta kapanpun dan berapapun banyaknya. Sekali minta, kita harus bayar $10 (di universitas saya). Demikian.
> >
> >
> > Nur Hasanah
> > Integrative Biology
> > Patterson Laboratories
> > University of Texas
> > Austin, Texas 78712
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> > ____________ _________ _________ __
> > From: maya_13302006 <maya_13302006@ ...>
> > To: beasiswa@yahoogroup s.com
> > Sent: Tue, October 20, 2009 8:42:42 AM
> > Subject: [beasiswa] [BUTUH INFO] Sealed Original Transcript
> >
> >
> > Dear Rekan2,
> >
> > Perkenalkan nama saya Maya. Saya hendak menanyakan kepada teman2 yang sebelumnya mempunyai pengalaman apply ke salah satu universitas di US.
> > Saya berencana untuk apply PhD ke salah satu universitas di US untuk enrollment Fall 2010 ini.
> >
> > Salah satu syarat admission yang diminta adalah "sealed original transcript". Yang ingin saya tanyakan adalah apakah sebenarnya yang dimaksud dengan sealed original transcript tersebut.
> > Apakah fotokopi transkrip asli yang dilegalisir oleh departemen atau universitas kita sebelumnya, kemudian dimasukkan ke dalam amplop oleh mereka dan distamp lagi d bagian luar amplopnya?
> > Atau apakah yang dimaksud dengan sealed original transcript memang benar2 transkrip asli yang kemudian dimasukkan ke amplop dan di stamp di bagian luar amplopnya?
> >
> > Saya agak bingung dengan pengertian d atas setelah teman saya dari India mengatakan kalau untuk aplikasi ke US, universitasnya di India benar2 memberikan transkrip yang asli sebanyak yang diminta dan kemudian mereka masukkan ke amplop dan d stamp bagian luarnya.
> > Setahu saya, yang dulunya mengambil S1 di ITB, ITB hanya memberikan satu rangkap transkrip asli, dan apabila kita ingin mengirimkan aplikasi, mereka hanya mengkopi transkrip yang asli kemudian melegalisirnya.
> >
> > Menurut rekan2 yg telah mempunyai pengalaman apply ke univ di US, apakah transkrip yang diberikan ITB tersebut (fotokopi transkrip asli yg dilegalisir) sah utk aplikasi ke US, atau apakah saya benar2 harus meminta transkrip asli dari ITB seperti yang teman saya dari India katakan?
> >
> > Terimakasih sebelumnya. Maaf kalau emailnya agak panjang^^
> >
> > Regards,
> >
> > Maya
> >
>


------------------------------------

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.comYahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

0 comments:

Poskan Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com. | manhattan lasik | websites for accountants