Sabtu, 31 Oktober 2009

[beasiswa] Re: [BUTUH INFO] Program doktoral Co-Tutelle di Perancis

Ciao Wisnu,

Saat ini saya sedang menjalankan co-tutela di tesi antara universitas Verona, Italy, dengan Universitas Lugano, Switzerland..

menurut saya, co-tutela bukan hanya kesepakatan antara 2 profesor, tapi antara 2 universitas.. karena, nantinya rektor dua universitas juga harus tandatangan diatas perjanjian tersebut.. jujur saja, menurut saya hal ini agak ribet dalam urusan administrasi.. tapi nilai tambahnya adalah kesempatan untuk dapat joint phd degree atau double phd degree (tergantung perjanjiannya).. dan juga, dengan adanya perjanjian co-tutela tersebut, mahasiswa yang bersangkutan hanya dikenakan biaya kuliah di universitas asal..

tapi yang repotnya dalam menyelesaikan co-tutela, harus mengikuti persyaratan kelulusan di kedua universitas tersebut.. dalam kasus saya, saya sudah selesai coursework taun pertama di Verona dan seharusnya bisa mulai penelitian, tapi saat ini saya diharuskan juga untuk mengikuti coursework di Lugano.. jadi, penelitiannya belum bisa dimulai secara maksimal..
gtu dulu mungkin..

klo mau japri, silahkan..


Best,
-joe@lugano-

--- In beasiswa@yahoogroups.com, "idiomaw" <idiomaw@...> wrote:
>
> Dear Milister,
>
> Mohon pencerahannya nih. Saya dalah salah satu penerima beasiswa Perancis BGF 2010 program doktoral dan insya Allah akan terbang ke Perancis september 2010. Saya sudah mendapatkan tempat studi dan penelitian saya di EHESS Marseille tetapi program doktoral yang nanti akan saya adalah melalui skema co-tutelle. Apakah ada dari milister yang sudah pernah atau sedang menjalani program doktoral co-tutelle ini ? menurut saya agak ribet ya. Kebetulan Universitas saya terdahulu yaitu UI tidak ada hubungen kerjasama dengan EHESS akan tetapi pihak EHESS menyarankan saya untuk mengisi Convention de Co-tutelle Internationale de These, yaitu semacam surat resmi bahwa pihak UI dan EHESS yang diwakili oleh 2 profesor pembimbing yaitu profesor di Perancis dan profesor di Indonesia bersedia untuk membimbing saya dengen "keterikatan" kerjasama. Memang sih enaknya program doktoral co-tutelle boleh menggunakan bahasa Inggris untuk defense disertasi nantinya dan tidak diharuskan pakai bahasa Perancis.
>
> Saya mau bertanya-tanya dan berdiskusi tentang ini, tolong japri ke saya. Saya mohon sekali bantuannya, karena saya harus mengurus semuanya sebelum desember berhubung semua universitas di Perancis akan libur natal dan tahun baru yang cukup lama.
>
> Terima kasih ya.
>
> Salam,
>
> Wisnu Adihartono
> Jakarta
>


------------------------------------

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.comYahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

0 comments:

Poskan Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com. | manhattan lasik | websites for accountants