Rabu, 22 Juli 2009

[beasiswa] Re: [butuh info] referrence letter

Dear Zwa,

saya yakin soal surat rekomendasi ini sudah sering dibahas di milis ini, tapi gak apa lah, saya urun pendapat sedikit.

1. Mengenai bagaimana cara meminta surat tersebut (via email, tlp, atau tatap muka) tentu Anda sendiri yang bisa menilai cara mana yang terbaik untuk mendapatkan rekomendasi dari orang tersebut. Ada yang oke2 saja dgn email, ada yang mesti tatap muka. Tapi kalau sudah lama tidak bertemu, ada baiknya bertemu langsung terlebih dahulu.

2. Agak susah kalau yang dimintai rekomendasi sudah tidak ingat tentang kita. Dear Zwa, surat rekomendasi untuk beasiswa adalah surat yang benar2 serius. Isinya harus bisa menggambarkan kelebihan Anda dari sudut pandang si pemberi rekomendasi. Artinya, pemberi rekomendasi harus mengenal Anda dengan baik sebelum bisa mengeluarkan rekomendasi tersebut. Biasanya, ada pernyataan yang menunjukkan bahwa pemberi rekomendasi memang mengenal Anda, seperti "Tn A telah bekerja sebagai bla bla di bawah pengawasan saya selama x tahun".

3. Bisa pakai format permohonan bisa juga tidak. Biasanya format ini disediakan oleh perguruan tinggi karena sifatnya resmi (mis. ada kop surat). Ada juga perguruan tinggi yang meminta surat rekomendasi dikirimkan secara elektronik. Melampirkan CV akan sangat membantu pembuat rekomendasi, sisanya tergantung apa yang diperlukan pembuat rekomendasi tersebut. Untuk itu Anda harus berkomunikasi dengan orang tersebut.

4. Bisa saja surat rekomendasi yang sama dipakai untuk melamar ke beberapa tempat. Tentu pemberi rekomendasi harus mengetahui juga tentang hal ini. Yang jelas, bidang keilmuan/jurusan/departemen yang dituju harus sama. Menurut saya, surat rekomendasi yang sifatnya "generic" sehingga bisa dipakai untuk melamar ke mana pun kurang bagus.

5. Sepengetahuan saya, resminya sih praktik seperti ini tidak diperbolehkan. Memang ada saja yang meminta pelamar untuk membuat sendiri surat tsb. Jika begitu keadaannya, pesan saya cuma satu, jangan berbohong atau mengada-ada. Semua yang tertulis di surat tersebut harus bisa dipertanggungjawabkan. Bentuk surat bisa Anda google sendiri.

Panji

--- In beasiswa@yahoogroups.com, zwasta mahardhika <zwasta_pm@...> wrote:
>
> Dear laskar beasiswa...
> Mohon infonya seputar pembuatan referrence letter.
> Jika kita ingin meminta refference letter dari dosen kita waktu S1 bagaimana sebaiknya? apakah bertemu tatap muka langsung? apakah sopan jika meminta lewat surat/ e-mail?
> Bagaimana caranya jika kita meminta kepada dosen kita, yang mungkin lupa atau bahkan tidak ingat sama sekali kalau kita pernah menjadi mahasiswanya?
>
> Apakah kita perlu membuat semacam surat permohonan untuk meminta mereka menjadi referree? kalau iya, bagaimana formatnya? ada yang punya contohnya? apa saja yang perlu kita lampirkan selain transcript, CV dan mungkin personal statement kita?
>
> Kalau kita ingin meminta referrence dari 1 orang baik itu dosen atau atasan kita tapi letter tersebut kita gunakan untuk apply di beberapa tempat, bagaimana sebaiknya penulisannya?
>
> Jika referrence letter nya minta kita yang buatkan, dari referree nya tinggal tanda tangan, bagaimana bentuknya?
>
> Mudah2n ada rekan2 yang bisa membantu, terlebih mengenai format penulisan referrence letter nya.
> Best regards
> Zwasta
>


------------------------------------

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.comYahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

0 comments:

Poskan Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com. | manhattan lasik | websites for accountants