Selasa, 02 Juni 2009

KUliah s1 Kedokteran



Hai,
Ada baiknya direnungkan kembali tujuan untuk kuliah S1 Kedokteran.
1. Ingin jadi ilmuwan, tp tidak ingin praktek, cukuplah kuliah sekitar empat tahun untuk mencapai S.Ked. Tempatnya bisa di dalam maupun di luar negeri.
Dalam hal ini, memilih FK (undergraduate) yang 'baik' bisa saja memakai acuan peringkat THES. Setelah itu, dilanjutkan dengan studi jenjang S2 dan S3. Untuk jenjang ini ada baiknya anda tengok peringkat uni dengan ARWU berdasarkan area kekhususannya.
2. Ingin jadi dokter yang berpraktek di Indonesia, maka tahapan yang harus dilalui adalah kuliah hingga S.Ked dan clinical posting (dahulu kepaniteraan dokter muda). Keduanya boleh di mana saja. Setelah itu, dilanjutkan dengan internship di Indonesia. Belum jelas benar bagaimana bentuk internship dan siapa yang menanggung biayanya. Yang sudah jelas, hanya warga negara Indonesia yang boleh ikut internship di Indonesia. Warga asing (misalnya Malaysia) yang sudah lulus clincal posting di Indonesia ya harus balik ke negaranya untuk melakukan internship di sana. Entah suatu saat nanti.
Setelah lulus internship peserta didik dilantik menjadi dokter tetapi belum boleh berpraktek. Untuk mendapatkan lisensi praktek, dokter mesti mengikuti Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) nasional..
Dalam hal ini, jika FK yang 'baik' diartikan sebagai FK yang lulusannya cepat dapat berpraktek (graduate waiting time nya kecil), maka yang termasuk kategori ini adalah FK yang lulusannya banyak lolos dalam UKDI, terutama para first test takernya. Ada lho FK yang 100% lulusannya langsung lolos (tanpa mengulang) dalam UKDI.
Mengenai beasiswa di Indonesia, cobalah jalur 'tugas belajar dari pemerintah daerah' atau mencari beasiswa dari departemen tertentu (misalnya Departemen Agama). Saya dengar, Prodi (Fakultas?) Kedokteran Uni Syarif Hidayatullah Jakarta merencanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Depag. Mestinya kedua jalur tersebut mengandung unsur ikatan dinas.
Sepengetahuan saya, beberapa beasiswa yang lain bisa dicari setelah peserta didik sudah berkuliah di FK.
Beberapa FK di Indonesia juga sudah bekerja sama dengan FK di luar negeri untuk memfasilitasi dokter muda (dengan beasiswa) guna mengambil S2 di luar negeri dan setelah itu kembali ke Indonesia untuk menyelesaikan kepaniteraan dokter mudanya (clincal posting).
Semoga membantu,
Sri


--- On Mon, 6/1/09, Beni Sulistiono <bangben125@yahoo..com> wrote:

From: Beni Sulistiono <bangben125@yahoo.com>
Subject: Re: [beasiswa] [Butuh Info] KUliah s1 Kedokteran
To: beasiswa@yahoogroups.com
Date: Monday, June 1, 2009, 4:30 AM

Dear Mas Makfi

Kebetulan saya alumnus FK UGM. Mengenai profilnya:

Merupakan salah satu FK terbaik dan salah satu yang tertua di negeri ini, merupakan pioner dalam inovasi pembelajaran dengan problem based learning. Menurut THES, peringkat dunia FK UGM terbaik diantara FK lainnya, masuk dalam jajaran 200 besar (108)...dulu pernah masuk 100 besar. Fasilitas dan kualitas SDMnya OK punya, saat ini banyak yang sedang melanjutkan kuliah S3 di LN dalam berbagai bidang. FK UGM merupakan salah satu pioner riset biomedik di Indonesia. Saat ini sedang mengembangkan beberapa riset unggulan (kanker,rotavirus, dll).

That's all

Ctt: FK yang lain juga bagus kok (UI, Unair, UNDIP, dll)

--- On Tue, 5/26/09, M. Miqdam Makfi <wongkairo@yahoo. com> wrote:

From: M. Miqdam Makfi <wongkairo@yahoo. com>
Subject: [beasiswa] [Butuh Info] KUliah s1 Kedokteran
To: beasiswa@yahoogroup s.com
Date: Tuesday, May 26, 2009, 10:52 PM

Salam....

Adik saya insya Allah lulus SMA tahun ini. Saya ingin minta bantuan rekan-rekanita member milis utk memberikan informasi mengenai studi s1 jurusan kedokteran. Kira2 kualitas yang baik di universitas mana? lalu kemungkinan beasiswanya spti apa? baik di dalam negeri maupun di luar negeri.....: )

terima kasih....

Muhammad Miqdam Makfi
Just a human being who trying to get something in someplace
simpel-lepas- ga terikat-semua puas.
http://www.miqdamma kfi.blogspot. com/




Download : Pdf / Ms.Word

2 comments:

F2F mengatakan...

Salam....

saya tinggal di banda aceh, istri saya september ini menyelesaikan S.Ked dan akan segera melanjutkan CoAs di Medan. Namun kami mengalami keternatasan dan kesulitan dana. mohon bagi teman-teman yang mengetahui informasi tentang beasiswa atau apapun yang bisa membantu pendanaan untuk Coas istri saya, kami mohon dengan sangat untuk menginformasika ke saya di tubin.irep@gmail.com
Terimakasih

Tubin
tubin.irep@gmail.com

inocencia mengatakan...

halo..semua!!
saya mahasiswa pre-medicine di philippines..
tahun depan saya mau ambil s1 kedoktran dsini juga,sekalian sama specialist nya,,,,!!

tpi saya ada kendala...
dokter2x Indonesia yng sedang ambil specialist dsini bilang,,,"sebaiknya kamu tanya ,,apakah setelah lulus kuliah kedokteran dsini kamu bisa kerja di Indoensia ga?"

nah,,saya bingung!!
mo tanya sama sapa,,,sudah saya searching di internet tpi nggak dpet2x,,,
saya mohon bantuan informasinya,,,,!!!
Terimakasih bnyak,,,,

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com. | manhattan lasik | websites for accountants