web counter Re: [beasiswa] [butuh info] How to improve Writing Skills - Beasiswa

Header Ads

PKK

Re: [beasiswa] [butuh info] How to improve Writing Skills

Jika anda yang sedang mencari informasi Re: [beasiswa] [butuh info] How to improve Writing Skills, maka Beasiswa akan menyampaikan tentang Re: [beasiswa] [butuh info] How to improve Writing Skills seperti dibawah ini:

ANDA SIBUK BEKERJA, INGIN KULIAH D3 S1 S2
PILIH KELAS KARYAWAN TERBAIK DI DAERAH ANDA
KLIK DISINI



Re: [beasiswa] [butuh info] How to improve Writing Skills



Kebetulan saya pengajar academic writing Bahasa Inggris, semoga tips-tips berikut bisa membantu:
 
1. Untuk penulisan essay, idealnya terdiri dari: satu paragraf pembuka (introduction paragraph), dua atau lebih paragraf untuk isi, dan 1 paragraf kesimpulan.
 
2. Untuk pafagraf pembuka, penulis wajib memiliki apa yang disebut "thesis statement". yaitu satu kalimat paling penting dalam sebuah essay yang menjadi kunci penulisan essay. Singkatnya, satu kalimat tersebut adalah inti dari apa yang akan kita tulisakan dalam essay. Tidak perlu berat dan terlalu luas, yang penting spesifik dan jelas. Thesis statement ini pada umumnya kita jumpai di paragraf pembuka.
Contoh thesis statement: "I believe that giving money to beggars will not improve our nation because , firstly, it will make them become lazy, and, secondly, it will encourage more people to become beggars."
frase (1) it will make them become lazy dan (2) it will encourage more people to become beggars adalah apa yang disebut controlling ideas. berarti, hal-hal yang perlu dituliskan dalam bagian isi essay hanya kedua ide di atas saja. Hal-hal diluar ide tersebut berarti irelevan dan akan mengurangi nilai. Misalnya, apabila tiba-tiba anda menulis "They become beggars because there is no jobs available for them" pada bagian isi, hal ini irelevan karena tidak nyambung dengan thesis statement anda. (kalimat tersebut bisa dituliskan asalkan berhubungan dengan argumen anda, misalnya: "some people say that people become beggars because there are not enough jobs available for them. This is somewhat true; however, this is not the appropriate reason to give money to beggars. The right thing to do is to provide jobs for them or teach them with skills to help them find jobs")
 
3. Paragraf isi merupakan penjabaran dari controlling ideas yang ada pada thesis statement. Satu controlling ideas sebaiknya dijabarkan dalam satu paragraf saja. Dan ingat bahwa satu paragraf tidak boleh memiliki lebih dari satu ide. misalnya, dalam paragraf isi pertama, saya akan menulis kalimat pertama yang menekankan ide it will make them become lazy . Lalu ide ini harus didukung dengan kalimat-kalimat berikutnya yang menjelaskan sera memberikan argumen ide tersebut dengan lebih detil. Hal-hal yang efektif untuk mendukung ide tersebut adalah: (1) memberikan contoh berupa penga, (2) Paragraf isi kedua, harus menjabarkan tentang ide berikutnya:  it will encourage more people to become beggars.
3. Setelah paragraf pembuka dan isi, saatnya menulis paragraf kesimpulan. Paragraf kesimpulan harus mampu menekankan kembali argumen-argumen anda secara singkat tanpa mengulang thesis statement anda. Apabila thesis statement perlu dinyatakan kembali, anda harus menggunakan kata-kata yang berbeda (pharaphrasing). Ada beberapa metode penulisan paragraf penutup yaitu: summarizing, offering solutions,giving recommendation, making an analitical conclusion.
 
Hal-hal lain yang perlu dicatat:
academic writing harus selalu sistematis. hal ini berarti menggunakan frase-frase atau kata-kata penghubung yang tepat pada setiap perpindahan ide/ paragraf/ bahkan kalimat. seperti: first,...; second,...; third,.../ Firstly,...; next, ...; after that, .... Untuk menunjukkan pertentangan ide bisa menggunakan: on the other hand, ...; nevertheless, ...; however, ... dll.  
penyusunan juga ide harus sistematis, yaitu : mulai dari ide yang paling penting ke yang paling tidak penting (atau sebaliknya) /mulai dari step pertama ke step terakhir/ kalau topik essay berhubungan dengan waktu, penyusunan ide harus kronologis (dari dulu sampai sekarang, atau sebaliknya).
bahasa inggris adalah bahasa yang sangat efisien. buktinya, bahasa inggris selalu menggunakan pronoun seperti: it, she, he, itself, herself, her, his, dll. Pergunakan pronoun2 ini sehingga tidak terlalu banyak pengulangan kata yang tidak berarti dan membuat kalimat terdengar seperti tulisan anak TK (misalnya: Lucy went to school yesterday. At school, Lucy played with her friends during the recess time). hindari juga kesalahan penulisan kalimat sehingga bermakna ganda (ambigu) seperi: Lucy is in the sky with diamonds (Lucy ada di angkasa bersama berlian-berlian atau Lucy ada di angkasa yang mana di angkasa tersebut terdapat berlian-berlian?) Kalau menemukan kalimat seperti ini, di-paraphrase saja sehingga maknanya tunggal: Lucy is up there in the sky where stars look like diamonds.
 
Sekian, semoga membantu.
 
thera

--- On Tue, 6/23/09, adek aidi <lailiaidi@gmail.com> wrote:

From: adek aidi <lailiaidi@gmail.com>
Subject: Re: [beasiswa] [butuh info] How to improve Writing Skills
To: beasiswa@yahoogroups.com
Date: Tuesday, June 23, 2009, 10:31 AM

Dear Lisa,
saya pernah ikut kursus utk IELTS preparation (di IALF kuningan) dan mengikuti IELTS test.
dari yang saya alami, kursus tersebut juga membahas, menberi trik & trik, dan melatih kita menulis untuk melewati writing test.

untuk melewati writing test, dan IELTS pada umumnya, tidak ada kata paling tepat selain berlatih. karena hanya dengan itu kita bisa terbiasa untuk bereaksi cepat dan tidak panik ketika test berlangsung.

sedikit masukan untuk academic modul, disaran kan untuk mengerjakan Task 2 terlebih dahulu, baru kemudian Task 1, karena Task 2 memang relatif lebih sulit (membutuhkan konsep awal), perlu waktu pengerjaan yang lebih lama, dan paling penting : point paling besar. walaupun begitu, untuk sukses dari test ini, candidate harus menyelesaikan kedua2 task nya (task 1 : 150 words, task 2 : 250 words, +- 5 atau 6 paragraph)

Utk task 1 setau saya tidak ada struktur khusus dalam mengerjakan paragraph2 nya (menjelaskan chart, graphic, dll)
namun utk task 2, ada trik khusus. dimana pharagraph pertama biasanya global idea, dan paragraph terakhir adalah conclution yang menguatkan paragraph pertama tadi. sedangkan paragraph2 ditengah digunakan untuk pembangunan ide utk mendukung hipotesa kita diawal tadi, dengan kalimat awal mulai dengan inti paragraph.

afwan saya tidak bisa membantu untuk info pengecekan grammar. saya sendiri, setelah ILETS preparation tsb meminta bantuan seorang kawan yang juga guru bahasa inggris lagi untuk mengecek hasil tulisan2 saya saat berlatih.

demikian info dan masukan dari saya, semoga membantu.

NB oh ya, buat target melampui tujuan anda / syarat (klo untuk apply study / beasiswa nya), misal klo syarat nya 6, buat target untuk dapat 7 .. dengan begitu kita terpacu untuk bekerja lebih keras..karena biasanya hasilnya klo tidak pas target, klo tidak sedikit dibawah target, sangat jarang melampaui target..

oleh karena itu mungkin, kita disuruh bermimpi setinggi langit..  :)

okay,wish u luck !!

-Adek Aidi-
Java Developer - Mobafone Indonesia
"Enpowering mobile media"
la@mobafone. co.id - http://www.mobafone .com
---
MobileComm Laboratory ITTelkom
"Lead you to mobile society"
Gd. E203 +6222 7564108 ext. 2324  http://mobilecommla b.or.id



2009/6/21 lisa_nathalie <lisa_nathalie@ yahoo.com>


Dear members,

Apa ada yang bisa kasih saran bagaimana cara meningkatkan nilai writing untuk IELTS Academic Module ?

Saya merasa biaya kursus di IALF agak mahal juga sih dan kurang spesifik untuk writing, sedangkan di sisi lain saya butuh bantuan untuk check grammar dsb. Mungkin ada yang bisa tahu kursus writing online khusus untuk academic module ?

Terima kasih banyak
Lisa





__._,_.___


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.