Kamis, 04 Juni 2009

Lulus S-1 (tidak?) boleh langsung kuliah S-3



Saya setuju dengan Iwan,

Mungkin perlu dilihat sistim di masing2 negara. Barusan juga ada teman dari Indo lulus S1 dan di France sini langsung masuk S3. Tapi memang, dia udah bergabung dengan tim2 riset di Indonesia dan namanya udah ada di beberapa jurnal internasional walau bukan sebagai penulis pertama.
Spertinya ini yang menjadi penilaian dari profesor di France ini untuk menerima dia sebagai mahasiswa S3 tanpa melalui S2 lagi.

Salam

Luth


===================

Re: [OOT] lulus S-1 (tidak?) boleh langsung kuliah S-3

Posted by: "Iwan Adhicandra" iwan@beasiswa.org iadhicandra

Thu Jun 4, 2009 3:51 am (PDT)



Menarik sekali pertanyaannya.

Kalau di LN seperti Inggris dan bekas negara2 jajahannya, persyaratan diterima programme PhD adalah Bachelor's degree (3 year study leading to BSc/BA). Untuk negara2 Eropa daratan, persyaratan untuk diterima programme PhD adalah MSc degree (5 years study after high school). Namun di Eropa daratan sebagian besar programme first degree-nya adalah 5 tahun dimana setelah student lulus 3 tahun pertama langsung melanjutkan di tempat yang sama utk 2 tahun lagi di bidang specialisasi dan lulus dgn gelar MSc (mungkin sama seperti program S1 Indonesia sebelum kurikulum 1994 yang masih menempuh 9 semester atau 5 thn program). Jadi 5 tahun kuliah first degree nya di Eropa daratan setara dgn gelar MSc.

Kalau di Indonesia, saya tidak tau apakah mengikusi sistem Eropa daratan yang mana first degree nya ter-integrated 5 tahun (MSc) ataukah mengikuti sistem USA dimana ada programme BSc (4 thn) dan MSc (2 thn)? Sedangkan di USA sendiri lulusan BSc (4 thn) bisa melanjutkan programme PhD walaupun mesti ambil MSc di 2 tahun pertama (total 5 tahun utk programme PhD --- 2+3) atau juga seperti di Inggris yang mesti ambil MPhil di tahun pertama (total 3 thn programme PhD --- 1+2).

Iwan

--- In beasiswa@yahoogroup s.com, "frank_the_hero" <frank_nasch@ ...> wrote:
>
> Kawan-kawan Laskar Beasiswa,
>
> Franklin penasaran dengan sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Benarkah di Indonesia lulusan S-1 (Bachelor, etc) tidak boleh langsung kuliah S-3 (Doctor, PhD, etc)? Mesti mengambil S-2 (Master, Magister, etc) dulu, baru boleh ambil S-3? Apakah hal ini berlaku untuk semua fakultas dan jurusan di kampus mana pun di seluruh Indonesia? Ataukah ada syarat-syarat tertentu bagi sarjana S-1 yang ingin bisa langsung kuliah pada level S-3 di dalam negeri?
>
> Pengalaman Franklin dan beberapa kawan di Singapore dan USA, sarjana S-1 sains murni (Physics, Biology, dll) maupun sarjana S-1 teknik (Mechanical, Material, etc) sah-sah saja langsung lanjut ke program S-3. Tidak perlu ambil S-2 dulu segala (mungkin kenyataannya sedikit berbeda untuk ilmu sosial dan humaniora).
>
> Kebanyakan dari kawan Franklin adalah fresh-graduate tingkat S-1 dari berbagai kampus negeri (UI, ITB, etc) dan swasta (UPH, BINUS, etc) di Indonesia yang tidak punya pengalaman riset maupun pengalaman kerja sama sekali. Namun, tidak ada masalah sama sekali untuk kuliah S-3 di Singapore atau USA dengan beasiswa penuh/parsial begitu mereka lulus S-1 dari dalam negeri. Mengapa hal serupa jarang (tidak pernah?) terjadi di Indonesia? Lulusan S-1 boleh langsung kuliah S-3?
>
>
>
> Excelsior!!
> Franklin
>


Download : Pdf / Ms.Word

0 comments:

Poskan Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com. | manhattan lasik | websites for accountants