Kamis, 04 Juni 2009

Hasil Seleksi Tahap I BGF 2009



Dear All

Untuk wawancara biasanya ada 4 atau 5 juri, 3 dari kedubes dan 2 dari bidang keahlian masing2. Bisa flexible, perbandingan jurinya... Tapi yang pasti diantara juri ada yang mempunyai keahlian di bidang anda, walau ngak benar2 mirip tetapi secara umum dia tahu bidang anda..sehingga kalau ngak tahu nanti pas wawancara, bisa bilang tidak tahu....jangan ngarang2 yang aneh2, bisa2 menjatuhkan nilai anda karena bisa kelihatan belum apa2 sudah berbohong.


Untuk wawancara, akan ditanya apa yang anda kerjakan saat ini, apa yang akan kerjakan setelah dapat beasiswa dan setelah selesai kuliah.
(1) apa yang anda kerjakan saat ini : Tim juri akan melihat kredibilitas anda dalam bidang kelimuan anda. Mungkin anda belum punya pengalaman, tapi yang anda kerjakan mungkin relevan dengan keadaan saat ini. Seandainya anda dapat beasiswa nanti, diharapkan kemampuan anda akan meningkat melalui ilmu yang anda pelajari selama di France.

(2)apa yang akan kerjakan setelah dapat beasiswa : di sini juri akan melihat, kesungguhan anda. Mungkin setelah anda dapat beasiswa, terjadi euforia dalam diri anda sehingga lupa belajar...apalagi kuliah nanti di tempat yang banyak tempat hiburannya atau daerah berlibur. Atau melihat daya juang anda. Karena akan terjadi perbedaan budaya dan kehidupan, kalau anda ngak siap2 mental, maka kuliah ngak akan berhasil.

(3)setelah selesai kuliah : di sini juri akan melihat visi anda setelah lulus kuliah nanti. tentu semua orang punya rencana apa yang akan dikerjakan setelah lulus kuliah nanti. Ngak musti idealisme kerja sosial lho... Bagi yang nantinya kuliahnya nanti untuk bidang profesional, mungkin punya visi penerapan ilmunya di bidangnya. Sedang yang kuliah yang didominasi riset, tentunya mampu mengplikasikan ilmunya di riset sesuai keahliannya.

Ketiga hal diatas mungkin hampir sama di setiap wawancara beasiswa. Jadi bisa tanya2 ke teman2 yang sudah berhasil mendapat beasiswa. Terutama tentang masalah visi anda. Sehingga juri menilai kalau anda adalah kandidat yang sudah benar2 siap bukan kandidat yang mengambang dalam arti kalaupun dinyatakan diberi beasiswa pada hari itu juga, ada sudah tahu secara umum apa2 yang musti dikerjakan selanjutnya.

Faktor bahasa penting. Usahakan menggunakan bahasa inggris dalam wawancara. Tetapi kalau bisa dalam bahasa France, ada nilai tambah bagi anda.

Kalau punya IP tinggi adalah berkah dan nilai tambah bagi anda, tapi memang musti ditambah visi anda ke depannya. IP yang sedang2 aja atau mungkin rendah, bisa ditutupi dengan pengalaman di bidangnya anda masing2 dan visi anda ke depan tentunya.

Surat korespondensi atau rekomendasi dari professor atau tim riset di France usahakan dibawa kopiannya dan ditaruh di tempat yang mudah untuk dikeluarkan sehingga ngak perlu waktu lama untuk mencarinya. Surat ini bisa jug aberupa email ya! Karena bisa aja ditanya oleh juri.. surat2 ini merupakan bukti adanya usaha awal anda untuk menjalin kontak dengan professor atau tim riset di france sehingga terlihat anda benar2 siap. Di lain pihak, surat ini semacam jaminan kalau ada yang akan bertanggung jawab kepada anda selama kuliah di France termasuk membimbing anda selama kuliah di France. Karena jika terjadi perubahan situasi kehidupan karna adanya perbedaan budaya dll, anda sudah ada tempat berkonsultasi untuk solusi.

Secara umum itu2 saja yang saya tahu. Semoga berkenan.

Salam

Luth

=======================

Re: [info] Hasil Seleksi Tahap I BGF 2009

Posted by: "mutiara tirta" mutiara_tirta@yahoo.com mutiara_tirta

Thu Jun 4, 2009 2:40 am (PDT)



hehe saya dunk punya pengalaman, cumlaude tapi ga lolos BGF :P

--- Pada Rab, 3/6/09, nadya karimasari <karimasari@gmail. com> menulis:

Dari: nadya karimasari <karimasari@gmail. com>
Topik: Re: [beasiswa] [info] Hasil Seleksi Tahap I BGF 2009
Kepada: beasiswa@yahoogroup s.com
Tanggal: Rabu, 3 Juni, 2009, 8:13 PM

boleh nanya? ip harus cumlaude ga sih untuk lolos beasiswa ini? ada yang punya pengalaman ga cumlaude tapi lolos? please share, thxsalam

2009/6/3 beAGUNGself <beagungself@ yahoo.com>

Dear ALL,

Bonjour,

Pengumuman Hasil Seleksi Tahap Pertama beasiswa Pemerintah Perancis 2009 sudah bisa dilihat di

http://www.ambafran ce-id.org/ spip.php? article263

Sekalian mau tanya ni kepada sanak saudara di 'negara' Beasiswa dan para alumni BGF tahun2 sebelumnya, bagaimana tips dan trik menghadapai seleksi tahap kedua, yaitu Wawancara!

Terima kasih.

Salam,

Agung


Download : Pdf / Ms.Word

0 comments:

Poskan Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com. | manhattan lasik | websites for accountants