Rabu, 24 Juni 2009

[beasiswa] re: (butuh info) profesi psikologi



Dear Arin,
 
Tentang profesi psikologi. Di Indonesia, setahu saya, profesi psikologi identik dengan orang yang punya kewenangan untuk melakukan tes psikologi. Tapi kalau Arin melihat-lihat tentang psikologi di Amerika utara, yang lebih dekat dengan profesi psikolog adalah orang yang melakukan diagnosis dan terapi psikologis, jadi mirip dengan psikiater hanya tanpa peresepan obat. Pemahaman tentang dua hal ini -sebagai tester atau sebagai profesional kesehatan mental- membawa konsekuensi yang berbeda pada pilihan pendidikan yang perlu diambil. Untuk menjadi tester yang perlu dilihat adalah perbedaan level-level tes seperti yang disepakati di kalangan psikolog (level A, B, dan C), penjelasan tentang hal ini bisa Arin lihat di buku-buku tes psikologi. Untuk menjadi profesi kesehatan mental diperlukan pendidikan yang sesuai yang masing masing tempat mempunyai aturan yang berbeda, misalnya -lagi-lagi setahu saya- di Jepang, Afrika Selatan, Australia psikolog menimal mempunyai pendidikan setingkat master. Di US dan Kanada, asosiasi psikolog menyarankan agar psikolog memiliki pendidikan setara PhD. Perlu juga Arin ketahui, jenjang master di luar negeri belum tentu setara dengan S2 di Indonesia.
 
Penjelasan tentang aturan yang berbeda-beda di masing-masing negara tadi sekaligus juga menjawab tentang pertanyaan Arin tentang s2 profesi di luar negeri. Kalau Arin hanya ingin mendapat gelar master dan bisa berpraktek sebagai psikolog maka Arin mesti cari sekolah di negara-negara tadi, misalnya Jepang, Afsel, atau Australia. Tapi kalau Arin ingin mempunyai otoritas atau pengetahuan yang lebih baik jika berpraktek sebagai psikolog, sebaiknya Arin mulai bersiap-siap untuk mengambil program PhD clinical psychology di Amerika utara.
 
Oya, Arin mungkin juga melihat-lihat situs ini https://fp.auburn.edu/clinicalpsychgradprogs/ untuk mengetahui lebih banyak tentang psikolog di Amerika utara.
Jika Arin masih belum jelas atau ingin ngobrol lebih lanjut tentang hal-hal yang terkait dengan pendidikan lanjut psikologi, Arin bisa kontak via japri


New Email names for you!
Get the Email name you've always wanted on the new @ymail and @rocketmail.
Hurry before someone else does!

__._,_.___


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

0 comments:

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com. | manhattan lasik | websites for accountants