Jumat, 12 Juni 2009

Mohon bantu saran

Dear all Laskar Beasiswa members,

Seru sekali membaca gegap gempita semangat dari semua members, baik yang pemula, yang sedang kuliah, hingga yang sudah pulang ke tanah air, bersedia membagi ilmunya.

Saya butuh saran. Latar belakang S1 saya adalah Komunikasi dan setelah lulus pernah bekerja sebagai jurnalis selama kurang 2tahun di bidang politik dan sosial. Sekarang saya bekerja sebagai staf protokoler lokal di salah satu kedutaan lebih dari 2tahun. TOEFL saya bertahan cuma di angka 535, dan IELTS cuma 5.5. Berbekal kemampuan ini, saya pernah nekat applied 3 beasiswa media, salah satunya adalah Erasmus Mundus, yang lain langsung ke univ di UK, namun gagal di tingkat seleksi admin, dengan jawaban bahwa pekerjaan saya sekarang tidak relevan dengan pekerjaan sekarang. Selebihnya mungkin angka TOEFL dan IELTS yang tidak bisa dipertimbangkan, atau memang belum memenuhi syarat karena alasan2 yang lain. Saya memang menghindari syarat dimana pengalaman kerja minimal 2tahun, dan masih bekerja di tempat tersebut saat mendaftar atau proses beasiswa berlangsung. 3 syarat dari beasiswa tersebut menjelaskan pernah memiliki pengalaman kerja relevan dengan jurusan
yang dituju. Sebelum melamar, jawaban komunikasi email dengan 3 beasiswa tersebut pun membuat saya terus maju, karena mereka memberikan jawaban yang membolehkan saya bisa tetap melamar.

Kalau saya harus menyesuaikan professional kerja sekarang, saya mungkin bisa memilih S2 HI, Diplomasi, atau Strategi Politik dan Komunikasi. Meski sejujurnya, saya masih ragu di bidang tersebut karena secara keilmuan, saya miskin dasar pengetahuan ilmunya. Kalau saya menulis motivation letter untuk jurusan tersebut, saya juga bingung mau nulis apa. Saya salut dari kawan2 yang bisa accros major ke bidang yang lain. Apalagi sempat baca kemarin, ada dari teknik ke manajemen. Wow!
Saya sendiri masih meragukan kemampuan sendiri, bahasa simplenya gak sreg.
Di sesi wawancara saya bakal speechless kali ya?
Sempat mempertimbangkan jurusan Komunikasi Internasional.

1. Adakah dari kawan2 bisa bantu kasih masukkan jurusan untuk saya yang bingung ini? (I think this is the most stupid question from me!..:)

2. Jurusan HI, Diplomasi selain di Belanda, dimana lagi jurusan ini ada di negara yang berbahasa Inggris? Saya sendiri malas untuk ikut kursus Bahasa Belanda dan Jerman. Tambah waktu dan biaya lagi dunk :). Penyakit malas ini belum sepenuhnya bergeser, sulit saya ubah.Gak tau nanti. Artinya, keukeuh dengan negara yang berbahasa Inggris saja.

3. Kalau jurusan Media dan Komunikasi kiblatnya memang di UK, bagaimana dengan jurusan Komunikasi Internasional? Ada saran untuk saya?

Please, I need all your suggestion. Dari kawan2, saya belajar lagi arti sebuah semangat. Terus terang, saya sedang putus asa karena 3penolakan itu.

Salam hangat,
Aulia



Download : Pdf / Ms.Word

0 comments:

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com. | manhattan lasik | websites for accountants