Senin, 15 Juni 2009

Beasiswa Fulbright (selalu) tidak mencukupi?



Halo milisters,

Saya mengutip dari email Sunna

"Krn grant Fulbright sy masih kurang US$ 9491/thn lg, shg kepastian kberangkatan sy msh blm jelas"

Sebelumnya saya juga sering mendengar kalo ada fulbrighters yang harus nombok karena grant beasiswanya tidak mencukupi. Oleh karena itu saya mau bertanya, khususnya bagi para penerima beasiswa fulbright

1. Apakah kekurangan grant dan menombok adalah hal yang umum artinya (lebih dari 50 persen penerima pasti nombok)? Bahkan saya mendengar ada fulbrighters yang terpaksa memilih sekolah yang kurang top agar grantnya mencukupi (asumsinya sekolah kurang top biayanya lebih murah)

2. Berapa sebenarnya besar grant untuk S3 khususnya (saya tidak menemukan informasi ini di website)? Apakah sama untuk semua penerima tidak peduli apa bidang keilmuannya? Apakah secara kasat mata memang tidak cukup untuk mengcover pengeluaran dalam 3 tahun ( the grant is for 3 years) artinya pemberi beasiswa memang mengharapkan kita punya sumber pendanaan yang lain?

3. Dalam website, untuk S3 grant nya hanya untuk 3 tahun. Padahal, sepengetahuan saya, sekolah S3 di US (khusnya bidang economics) rata-rata diselesaikan dalam waktu 5 tahun. Bagaimana pengalaman kawan2 untuk mengcover biaya 2 tahun berikutnya? Bagaimana jika kita tidak memiliki sumber pendanaan lain?

Mohon sharing dari teman-teman penerima fulbright. Terima kasih sebelumnya.

Alf




__._,_.___

Download : Pdf / Ms.Word

0 comments:

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com. | manhattan lasik | websites for accountants