Isi form dibawah untuk mendapatkan brosur Program Kelas Karyawan UMB S1 dan S2:
Nama Anda Email

Jumat, 24 April 2009

[beasiswa] [INFO] Perguruan Tinggi di Malaysia: Sebuah Perspektif

Rekan-rekan,
 
Saya ingin menyampaikan sedikit gambaran tentang perguruan tinggi di Malaysia supaya bisa mendapatkan perspektif yang proporsional mengenai kualitas dan perkembangannya beberapa tahun terakhir.
 
Sejak tahun 2006 pemerintah Malaysia menunjuk empat universitas menjadi Research University (RU) yaitu Universiti Malaya (UM), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Universiti Sains Malaysia (USM), dan Universiti Putra Malaysia (UPM). Salah satu sasaran yang ditetapkan selain menjadi universitas terkemuka di dunia juga masuk dalam World's Top 100 Universities pada 5 tahun ke depan. Kemudian pada tahun 2008 pemerintah menetapkan Universiti Sains Malaysia (USM) sebagai APEX University (Accelerated Programme for Excellence).  Salah satu sasarannya adalah menembus jajaran World's Top 50 Universities. Kelebihan dari RU ini adalah mendapatkan anggaran riset yang sangat besar (hampir 30% dari APBN pendidikan Malaysia). Dana ini cukup memadai bagi ke-empat universitas tersebut untuk berlomba mencapai sasaran yang ditetapkan.
 
Beberapa langkah nyata telah diambil oleh RU di Malaysia untuk menjadi World's Top Universities, diantaranya adalah:
 
1. Meningkatkan Jumlah International Students.
Berbagai usaha telah dilakukan oleh RU untuk meningkatkan jumlah mahasiswa internasional, seperti melakukan road show dan exhibition di berbagai negara, menawarkan beasiswa dan bantuan keuangan, memberikan kelonggaran kepada mahasiswa untuk kerja paruh waktu, meningkatkan fasilitas kampus, dan lain-lain.
 
2. Meningkatkan Jumlah International Faculty Member/Visiting Faculty.
Dengan dana yang tersedia sekarang, RU mempunyai kemampuan mengundang high qualified scholars datang ke Malaysia sebagai visiting fellow, visiting lecturer, ataupun visiting professor dalam kurun waktu maksimal 6 bulan. Sehingga tidak heran kalau hampir setiap minggu di kampus-kampus tersebut selalu ada Invited Lecture dari berbagai disiplin ilmu. Bahkan akhir-akhir ini di UKM, beberapa kali mengadakan Nobel Laureate Lecture yg memberi warna tersendiri dalam kehidupan kampus. Scholars ini datang dari berbagai negara, baik Asia, Amerika maupun Eropa. Untuk bidang sosial, politik, psikologi, dan kedokteran, mereka banyak mengundang scholar dari Indonesia dengan pertimbangan memiliki beberapa kesamaan, baik dari segi budaya, sejarah, karakter masyarakat dan hal-hal lain yg terkait dengan kemanusiaan. Untuk bidang-bidang teknik dan sains mereka cenderung mengundang scholars dari Eropa, Australia atau Amerika Serikat.
Keberadaan visiting lecturer/visiting professor disini bukan menunjukkan kualitas pendidikan Malaysia rendah, melainkan lebih terkait kepada strategi untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.
Sebagai informasi, di Fakultas IT UKM baru terdapat dua orang International Faculty Member yaitu dari Indonesia dan Irlandia dan masih diperlukan tambahan untuk mendorong iklim multi-budaya dan multi-disiplin.
 
3. Meningkatkan Jumlah International Journal Terindeks (Scopus) per tahun.
Secara sistematis, RU memasang target dan memberi reward kepada staf akademik yang mempublikasikan paper dalam International Journal Terindeks (Scopus). Sebagai contoh, Fakultas IT UKM menargetkan publikasi 100 International Journal Terindeks (Scopus) untuk tahun 2009 karena pada tahun 2008 fakultas tersebut berhasil mempublikasikan hampir 100 International Journal Terindeks. Ini jelas angka yang cukup tinggi untuk sebuah fakultas dengan 4 jurusan. Mereka sadar bahwa pengakuan kepakaran seseorang di dunia akademik dapat dilihat dari bidang riset dan banyaknya publikasi dalam International Journal Terindeks.
 
4. Menaikkan proporsi mahasiswa postgraduate dengan komposisi 1:1 untuk mendorong iklim riset yang berkualitas. Ini memberi dampak bahwa kalau suatu fakultas menerima 300 orang mahasiswa undergraduate maka konsekuensinya pada masa yang sama harus dapat menarik 300 orang mahasiswa postgraduate (Master/Doktor). Sehingga RU sangat berhati-hati dalam menentukan kuota penerimaan mahasiswa undergraduate per tahun. RU juga banyak menyediakan dana untuk menarik Posdoctoral Fellow dari berbagai negara melakukan riset di pusat-pusat penelitian yang disediakan.
 
Sejalan dengan itu, RU menetapkan beberapa standar lain untuk mendorong pencapaian sasaran, misalnya swa-akreditasi, komersialisasi produk riset, meningkatkan jumlah patent, dan lain-lain. Dari sisi akademik, salah satu peningkatan standar adalah menetapkan syarat untuk penguji luar (external examiner) program Doktor di RU harus memiliki publikasi 10 International Journal Terindeks (bidang terkait) dalam lima tahun terakhir. Tentu saja persyaratan ini nyaris menutup peluang staf akademik dari Indonesia untuk menjadi penguji luar di Malaysia, khusunya RU. Seperti yg kita ketahui bersama, bahwa budaya menulis apalagi publikasi dalam International Journal Terindeks kurang dipupuk di kalangan staf akademik di negara kita.
 
Hal penting yang perlu dicatat bahwa pemerintah Malaysia tidak segan-segan merogoh kocek untuk memberikan dukungan penuh kepada universitas-universitas tersebut dalam mencapai sasaran, salah satunya adalah membuat program Brain Gain Malaysia (BGM).
 
Apabila langkah-langkah menuju World's Top Universities tersebut diimplementasikan secara konsisten, maka semakin berat usaha negara kita mengejar ketinggalan dari negara-negara tetangga dalam dunia pendidikan.
 
 
Salam hormat,
 
Anton Satria Prabuwono
International Faculty Member, UKM
http://antonsatria.wordpress.com/
 


 


[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.comYahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

0 comments:

Poskan Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com. | manhattan lasik | websites for accountants